Jumat, 01 Februari 2008

Rakitan Komputer

RAKITAN KOMPUTER UNTUK RENTAL DAN INTERNET

Pentium 4

LUKAS SUSANTO

Motherboard yang digunakan adalah

Motherboard Intel LGA775

Sebagai motherboard yang ditujukan untuk menggantikan posisi motherboard berbasis chipset i955X, bisa dikatakan ia memiliki perbedaan yang tidak terpaut jauh. Di mana dukungan platform multi-VGA secara langsung.

Motherboard Gigabyte GA-G1975X (Motherboard Intel LGA775

Tampak board-nya memiliki desain yang lebih diarahkan untuk pengguna

antusias yang gemar akan overclocking.Terlihat dari desain pendinginan

yang oleh Gigabyte disebut Turbojet, yang berada di sekitar socket CPU.

Karena, selain berfungsi sebagai pendingin northbridge maupun IC

regulator penyuplai daya, juga untuk menambah efisiensi pendinginan

dari heatsink/fan yang digunakan oleh CPU.

  • Dari sisi perlengkapan, sebagaimana posisinya untuk kelas premium, board ini menyediakan hampir semua perlengkapan yang dapat Anda temui untuk sebuah motherboard, bahkan lebih. Termasuk perkabelan, manual yang komprehensif, dan konektivitas lengkap. Anehnya, mother board ini juga turut serta konektor SLI bridge.
  • Untuk kinerja sendiri, motherboard ini memang dapat menghadirkan performa tinggi khas sebuah motherboard sekelasnya. Bahkan juga lebih jika Anda mengaktifkan fungsi overclock yang dimilikinya, baik itu yang berfungsi secara otomatis maupun manual

Processor
Processor yang digunakan
Intel Pentium IV 3,06GHz 533 Socket LGA 775

§ Intel Pentium 4 3,06GHz memiliki Chipset Intel 850E yang dikenalkan tersebut ditujukan untuk prosesor Intel Pentium 4 dan mendukung memori PC 1066 RDRAM dual-channel. dengan chipset ini, pengguna bisa meningkatkan kinerja PC-nya dalam menampilkan konten video, game, musik, foto, serta film. Dengan clock speed yang lebih tinggi, system bus 533MHz dan 400MHz, chipset ini merupakan yang pertama kalinya mendukung memori DDR333.

§
Chipset-chipset 845 yang kali ini dikenalkan Intel, memiliki 6 port Hi-Speed Universal Serial bus (SB) 2.0 yang mendukung konektivitas bandwidth tinggi melalui berbagai jenis periferal. Dukungan ini memungkinkan download file musik digital, foto, serta video dilakukan dengan bandwidth lebih besar 40 kali lipat dibandingkan USB 1.1.


RAM

Ram yang digunakan

Memory 1 GB DDR2 533 - COSAIR VS1GB400

Kebutuhan voltase DDR2 turun. Kalau pada DDR kebutuhan voltase tercatat 2,5 Volt, pada DDR2 kebutuhan ini hanya mencapai 1,8 Volt. Artinya, kemajuan teknologi pada DDR2 ini membutuhkan tenaga listrik yang lebih sedikit untuk menulis dan membaca pada memori

§ Teknologi DDR2 sendiri sudah lama digunakan pada beberapa perangkat antarmuka grafik, dan baru pada akhir tahun lalu diperkenalkan penggunaannya pada teknologi RAM. Dan teknologi DDR2 ini tidak kompatibel dengan memori DDR sehingga penggunaannya pun hanya bisa dilakukan pada komputer yang memang mendukung DDR2.

§ Kecepatan tinggi rata-rata juga dihasilkan pada Corsair seri Value Select VS1GB400 sebesar 1 GB. Dalam benchmark MemStat XP, kecepatan akses ganda yang dicapai komputer dengan kecepatan memori DDR2 SDRAM PC-3200 mencapai rata-rata 2.046,49 MB per detik.


Harddisk

Harddisk - Seagate Barracuda ST3160026AS 160GB 7200 RPM

Harddisk yang digunakan

Seagate Barracuda ST3120026AS, yang memiliki kapasitas 160 GB dan menggunakan interface Serial-ATA dengan Spindle Speed sebesar 7200 rpm.

Selain kapasitas yang dimiliki cukup besar ditambah dengan interface Serial-ATA, membuat produk ini menjadi mengesankan terlebih dengan buffer sebesar 8MB.


§ Sedangkan untuk fitur yang dimiliki produk ini, salah satunya adalah terdapatnya 3D Defense System yang berfungsi untuk melindungi harddisk dari adanya kerusakan karena benturan untuk mencegah terjadinya kerusakan data. Sehingga ketika harddisk mengalami benturan yang tidak melebihi toleransi, maka data yang terdapat di dalamnya tidak akan hilang atau rusak. Selain itu, fitur lain yang dimiliki adalah sound barrier technology (SBT) untuk mengurangi noise dari harddisk.

§ Untuk harddisk dengan interface SATA, kemampuan yang dimiliki bisa dikatakan baik karena hampir semua hasil pengujian yang dilakukan terhadap hardisk ini kami mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Hanya saja, dalam kemampuan write speed dan burst rate harddisk ini belum bisa menghasilkan nilai yang sempurna


ODD

ADD YANG DIGUNAKAN

DVD+RW SONY

§ DVD drive untuk PC yang mendukung kedua format yang sedang berseteru, DVD-R/RW dan DVD+R/RW. Drive yang mendukng kedua format DVD recordable di dalam sebuah produk.

§ DVD+R/RW. Kedua format tersebut mengklaim kompatibilitas playback dengan drive DVD dan DVD-Video player yang ada saat ini, walaupun ketidak-kompatibelan di antara kedua format atau mereka bisa terjadi juga. Format ketiga, DVD-RAM, juga ada, tetapi disk-nya dikemas ke dalam cartridge plastik yang membuatnya lebih sulit digunakan pada peranti DVD lain.

§

Dari perusahaan-perusahaan yang mendukung format “plus”, Sony memposisikan dirinya di tengah-tengah. Pertengahan tahun lalu, Sony menyatakan akanmenggunakan format DVD-R/RW pada alat-alat elektronik untuk konsumen, seperti kamera video, sementara tetap bertahan pada format “plus” untuk produk-produk komputernya


VGA
Sapphire ATI Radeon X 1300PRO 256MB- Video Card

§ Meski video card ini PRO, namun interface yang dimiliki terbilang lengkap karena selain terdapatnya interface D-SUB 15, video card ini juga memiliki TV-Out dan DVI interface.

§ Namun di balik kemampuan yang diberikan oleh video card ini, kelengkapan paket penjualan yang diberikan pun bisa dibilang mencukupi. Karena selain mendapatkan sebuah CD driver, produsennya juga memberikan buku manual, DVI converter, dan CD aplikasi Power DVD.


Casing

Supercase TU-124 : Casing ATX dengan Port USB

Case adalah rumah di mana perangkat-perangkat komputer bernaung. Sebagai tempat memasang berbagai komponen, casing sangat menentukan periferal macam apa yang bisa dipasang di dalamnya

Sering kita dengar istilah Baby AT, AT, ATX Mini Tower, Middle Tower dan Tower. Semua itu adalah jenis-jenis casing yang banyak kita temukan di pasaran. Tidak seperti casing ATX, baik Mini Tower, Middle Tower ataupun Tower, casing Baby AT dan AT yang menggunakan power supply standar, tidak dapat secara otomatis mematikan power untuk sistem. Penggunanya harus menekan tombol power yang umumnya terdapat di bagian depan casing untuk mematikan komputer. Casing seperti ini sudah jarang digunakan. Apalagi, motherboard-motherboard keluaran terkini sudah tidak menggunakan standar AT.

§ Salah satu casing ATX terbaru yang dapat kita temui di pasaran saat ini adalah casing merek Supercase versi TU-124 dengan power supply 350W. Casing buatan Apex Computer Technology, Inc. asal Amerika dengan kode produksi 7C532-124 ini adalah casing ATX model Tower. Ukuran casing ini adalah 18,4 x 8,2 x 17,15 inci.

§ Casing ini memiliki ruang yang cukup lega, di mana pada badan casing ini disediakan 4 drive bay 5 inci, 2 drive bay 3 inci, dan 3 buah drive bay 3 inci yang terletak di dasar casing. Pada bagian belakang casing, disediakan 7 buah lubang untuk slot ekspansi dari motherboard. Sedangkan yang dapat dipasangkan pada casing ini adalah motherboard yang memiliki ukuran hingga 10,5 x 12,5 inci. Untuk kelengkapan, casing ini dipasangi dua buah port USB pada bagian depannya. Letaknya di bagian bawah dan bisa dibuka dan ditutup seperti layaknya sebuah lemari


Keyboard & Mouse

LOGITECH New Touch Multimedia Keyboard dan Cordless Mouse USB

Cordless mouse USB produk LOGITECH tersebut memiliki resolusi sekitar 800 dpi (dot per inch) sehingga bisa dibilang mouse tersebut memiliki kualitas yang cukup baik. Karena pada umumnya produk mouse yang ada di pasaran memiliki sekitar 600 dpi untuk resolusinya dan bahkan bisa di bawah nilai tersebut


Monitor

Monitor 17 “ LCD SyncMaster 730MP: Monitor LCD Multifungsi Dari Samsung

§ Kecanggihan teknologi memang membuat beragam perangkat yang dulunya harus dibuat terpisah bisa disatukan. Hal ini misalnya terlihat dari produk monitor bikinan Samsung dari seri 730MP ini. Dengan warna hitam yang dipadu dengan warna metalik, monitor ini tidak saja berfungsi sebagai penampil gambar untuk PC, tetapi juga dapat difungsikan sebagai perangkat televisi maupun sebagai perangkat penangkap gelombang radio FM.

§ Untuk koneksi dengan perangkat lain, selain menyertakan port VGA standar, disertakan pula sebuah port DVI untuk koneksi dengan komputer. Sementara, untuk koneksi dengan perangkat lain semisal DVD atau VCD player, sebuah port S-Video juga diberikan. Bahkan untuk tampilan dan suara maksimal, disertakan pula konektor untuk kabel tipe component dengan 5 buah jack-nya. Adanya interface semacam ini tentu akan sangat menguntungkan, terutama untuk menjalankan aplikasi seperti menonton film DVD dengan kualitas gambar yang maksimal. Untuk keluaran audio untuk PC, Samsung menyertakan sebuah port audio-out analog. Tak ketinggalan sebuah port headphone juga diberikan untuk pengguna yang memanfaatkan headphone sebagai keluaran audio.

Sementara, untuk menampilkan gambar dengan gerakan cepat, monitor yang juga memiliki speaker satelit di kiri dan kanannya berkekuatan 5 watt sebagai asesories tambahan ini sudah cukup bagus, baik ketika digunakan untuk menonton televisi, DVD, ataupun game 3D. Ini dikarenakan respons time yang dimiliki sudah sangat rendah yaitu 16 milisecond. sudut pandang yang dihasilkan pun sudah baik karena masih dapat dilihat dari sudut hingga 140 derajad


Ketika diukur dengan lux meter untuk mengetahui pancaran cahaya yang dihasilkan dengan setting solid black dan solid white, didapati kualitas tahanan backlight yang cukup baik untuk setting solid black. Pancaran yang dihasilkan pun sudah cukup merata untuk semua sisi monitor. Sementara untuk setting dengan solid white, cahaya yang dihasilkan di beberapa titik memang tidak terlalu merata, meski masih dalam batas yang wajar.

Keunggulan utama produk ini jelas dari kemampuan multifungsi yang dimilikinya. Dengan tambahan remote control, pengguna dengan mudah dapat mengatur beragam setting dari jarak yang cukup jauh. Fasilitas Picture In Picture yang dimilikinya juga cukup membantu terutama bila pengguna sedang bekerja namun tak ingin ketinggalan acara televisi.

Tidak ada komentar: